Sondag 07 Julie 2013

MENGENAL ASAM URAT

                                 


      Ketika ketahanan tubuh mulai berkurang, pastilah penyakit dan gangguan kesehatan banyak muncul pada tubuh kita, biasanya rentan umur yang menjadi faktor utama munculnya banyak penyakit. Salah satu penyakit yang sering dialami pada umur 30 tahun ke atasn adalah asam urat. Namun perlu sobat ketahui, penyakit asam urat ini bukan lah penyakit yang bisa diremehkan karena ketika penyakit ini kambuh, penderita penyakit ini akan merasakan rasa sakit yang sangat tdk terbayangkan oleh kita. Oleh sebab itu sob, saya mencoba menguraikan beberapa penjelasan asal muasal asam urat, penyebab dan pencegahan asam urat itu sendiri.
Dalam ilmu kimia, Asam urat  (uric acid) merupakan senyawa dari turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Kelebihan (hyperuricemia) atau kekurangan (hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia. Kadar asam urat yang sedikit sebenarnya dibutuhkan untuk tubuh kita jika asam urat ini bereaksi dengan enzim urikase sehingga menjadi alantoin, tapi pada kenyataannya tubuh kita sering kelebihan asam urat, ini yang di akibatkan oleh banyaknya konsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin serta kemampuan ginjal yang tidak mampu mengeluarkan Kristal asam urat yang menumpuk di persendian akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Kelebihan asam urat ini mengakibatkan penyakita asam urat, penyakit ini berasal dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Kadar normal asam urat di dalam tubuh manusia 3-6 mg% bagi wanita dan 3-7mg % bagi pria.
Hampir semua penyakit datangnya dari makanan, sehingga kita harus pandai memilih dan memilah makanan yang baik untuk tubuh kita sob. Namun jika kita sudah terjangkit penyakit asam urat, maka hal yang harus kita lakukan adalah menghindari makan makanan yang meningkatkan asam urat pada tubuh kita. Berikut adalah konsumsi makanan yang harus dihindari dan makanan yang baik, dianjurkan untuk penderita asam urat dari beberapa sumber yang saya baca sob.
Makanan yang harus dihindari sebagai berikut :
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  • Makanan kaya protein dan lemak
  • Alkohol, melinjo dan beberapa lainnya.
Sedangkan Konsumsi makanan yang di anjurkan untuk penderita asam urat adalah :
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  • Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
Sumber :

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking