Sondag 07 Julie 2013

LAHIRNYA KIMIA



Lahirnya kimia di awali dengan kimia modern yang didasari dengan penemuan hukum kekekalan massa dalam reaksi kimia, dan mengungkap peran oksigen dalam pembakaran oleh kimiawan perancis Antoine laurent laoisier (1743-1794). namun alkimia, matalurgi, dan farmasi merupakan akar dari kimia di peradaban kuno, banyak orang-orang yang aktif di bidang ini berpengaruh besar pada kimia modern walaupun alkimia didasari atas teori yang salah sedangkan matalurgi dan farmasi hamya bersifat pengalaman saja bukan teori . Akar sebenarnya kimia modern mungkin dapat ditemui difilosofi yunani kuno
Pada dasarnya jalan antara filosofi yunani kuno ke teori atom modern tidak berjalan mulus. Di yunani kuno ada perdebatan antara teori atom dengan penolakan keberadaan teori atom. Bahkan pada abad ke-18 banyak orang-orang tidak tertarik dengan keberadaan teori atom, satu abad berselang tepatnya awal abad ke-19 mulai ada pencerahan dengan dilahirkanya kembali teori atom yunani kuno oleh kimiawan inggris Jhon Dalton (1766-1844) akan tetapi teori ini tidak sepenuhnya diterima oleh semua ilmuan. Dan pada akhirnya awal abad ke-20 teori atom dibuktikan sebagai fakta bukan sekedar hipotesis, Hal ini dibuktikan melalui percobaan oleh kimiawan perancis Jean Baptiste Perrin (1870-1942). Jadi untuk menetapkan dasar kimia modern yaitu teori atom memerlukan waktu yang cukup panjang.
a.       Teori atom kuno
Teori atom yunani kuno sering dihubungkan dengan filsuf yunani Democritos (kira-kira 460-370 BC), Namun sumbernya tidak dapat ditemukan. Sumber lain dapat mengacu pada puisi romawi kuno karya Lucreitus (kira-kira 96-55 BC) yang berjudul ‘De rerum natura’. Dalam karyanya terdapat kata-kata ” ”Atom anggur bulat dan mulus sehingga dapat melewati kerongkongan dengan mulus sementara atom kina kasar dan akan sukar melalui kerongkongan”.
b.      Teori atom dalton
  Atom mulai diuraikan secara teori oleh Dalton  berdasarkan peran atom dalam reaksi kimia.
Teori atom Dalton:
(i) partikel dasar yang menyusun unsur adalah atom. Semua atom unsur tertentu identik.
(ii) massa atom yang berjenis sama akan identik tetapi berbeda dengan massa atom unsur jenis lain.
(iii) keseluruhan atom terlibat dalam reaksi kimia. Keseluruhan atom akan membentuk senyawa. Jenis dan jumlah atom dalam senyawa tertentu tetap.
Bukti keberadan atom
1) Bagaimana awal mula lahirnya kimia?
jawab: Lahirnya kimia berawal dari ditemukanya oksigen secara independen oleh dua kimiawan asal inggris dan swedia yang menjadikan awal reaksi kimia walaupun sudah terjadi tetepi belum disadari oleh masyarakat pada masa itu dan juga menjadikan awal mula lahirnya kimia.
2) Apa yang menyebabkan lahirnya kimia modern setelah perkembangan kimia yang terjadi selama puluhan tahun?
jawab: yang menyebabkanya adalah seorang kimiawan perancis yang dapat mengembangkan peran oksigen dalam pembakaran menjadi sebuah hukum kekekalan massa dalam reaksi kimia.
3) Siapa yang dapat kita percaya dengan adanya kimia maupun hal-hal yang berhubungan dengan kimia,walaupun kita tidak pernah hidup pada masa itu?
jawab: yang dapat kita percaya adalah hanya bukti dari para orang yang sudah meninggalkan ilmunya untuk dipelajari dan di uji kebenaranya oleh para ilmuan yang ahli pada bidangnya pada masa ini.
4) Didalam awal lahirnya kimia kita mengetahui bahwa ada sebuah teori atom kuno,apa fungsi dari teori tersebut?
jawaab: fungsi dari teori atom kuno adalah sebagai pembeda antara satu bentuk atom dengan bentuk atom yang lain,kita mengambil contoh adalah atom anggur bulat dan mulus yang berfungsi untuk memudahkan masuknya atom ke kerongkongan,seperti itu fungsi dari teori atom kuno ini.
5) Kapan bukti keberadaan atom itu dipercaya oleh para ilmuan?
jawab: dimulai dengan teori atom dalton yang kurang didukung oleh para ilmuan dan menyebabkan para ilmuan mulai mengembangkanya dan munculnya terodinamika,lalu munculnya seorang ilmuan bernama perrin yang mengamati atom secara langsung dan dengan dilakukan penelitian yang cukup lama,disitulah keberadaan atom mulai dipercaya oleh para ilmuan lain.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking